Ini Dia Biaya Haji Plus 2022 Yang Perlu Anda Ketahui

Ini Dia Biaya Haji Plus 2022 Yang Perlu Anda Ketahui

  • Post category:Islam
  • Post comments:0 Comments

Menunaikan ibadah haji adalah impian semua umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali umat muslim di Indonesia, dimana Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Sehingga tak heran jika untuk menunaikan ibadah haji, jemaah harus rela menunggu antrian hingga 40 tahun. Oleh karenanya, haji plus bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin pergi berhaji tanpa harus menunggu lama.

Haji merupakan rukun islam yang ke-5. Ibadah ini wajib ditunaikan bagi umat Islam setidaknya sekali seumur hidup. Disamping itu, melaksanakan ibadah haji memiliki beberapa keutamaan.

Keutamaan Menunaikan Ibadah Haji

Menunaikan ibadah haji memiliki beberapa keutamaan antara lain:

  1. Ibadah Haji menghapuskan semua dosa
    Dari Abi Hurairah radhiallahu anhu bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menunaikan haji dan dia tidak berkata-kata kotor, berbuat dosa maka dia akan kembali bersih dari dosanya sama seperti saat dirinya baru dilahirkan oleh ibunya”. (Shahih Bukhari 1/471 no: 1521 dan shahih Muslim: 1/983 no: 1350)
  2. Berhaji adalah amal ibadah yang paling baik setelah beriman kepada Allah Shubhanahu wa ta’alla dan berjihad.
    Dari Abi Hurairah radhiallahu anhu bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam ditanya: Amal apakah yang paling baik?. Beliau menjawab: Beriman kepada Allah dan Rasul –Nya. Kemudian beliau ditanya kembali: Kemudian amal apa lagi?. Beliau menjawab: Berjihad di jalan Allah Shubhanahu wa ta’alla. Kemudian apa?. Haji yang mabrur”. (Shahih Bukhari: 1/25 no: 26 dan shahih Muslim 1/88 no: 1350)
  3. Biaya yang dikeluarkan untuk berhaji akan dilipatkan gandakan pahalanya bagi pelakunya sebagaimana dilipatgandakannya pahala orang yang berjihad di jalan Allah Shubhanahu wa ta’alla.
    Dari Buraidah radhiallahu anhu bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Biaya berhaji sama dengan biaya yang dikeluarkan dalam berjihad di jalan Allah Shubhanahu wa ta’alla dia akan dilipatgandakan sehingga mencapai tujuhratus kali lipat”. (Musnad Imam Ahmad 5/355).
READ  Arab Saudi Siap Menerima Jemaah Umroh Selama Ramadhan 2021

Pentingnya Menyegerakan Ibadah Haji

Ibadah haji salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan. Para ahli Fiqh menyatakan haji wajib dilakukan dengan segera, maka barangsiapa yang mampu pergi ke baitullah al-haram, tapi dia tidak melakukannya maka sungguh dirinya di dalam bahaya yang besar.

Mengenai hal ini, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

عن ابن عباس – رضي الله عنهما – أنَّ النبيَّ – صلى الله عليه وسلم – قال : تَعَجَّلُوا إلى الحجِّ؛ فإنَّ أحدكم لا يدري ما يَعْرِضُ له

Dari Fadhl bin Abbas radhillahu anhu bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang ingin berhaji maka hendaklah dia bersegera melakukannya, sebab bisa jadi dirinya ditimpa suatu penyakit dan kendaraannya tersesat atau ada kebutuhan yang mendatanginya”. (Musnad Imam Ahmad 1/214)

Apa itu Haji Plus dan Berapa Biayanya?

Haji Plus merupakan haji yang pelaksanaannya menggunakan visa khusus resmi dari kuota Kemenag RI, sehingga tidak perlu menunggu hingga puluhan tahun. Masa tunggu haji plus relatif lebih singkat yaitu hanya 5-7 tahun saja, berbeda dengan haji reguler yang saat ini memiliki antrian hingga 40 tahun.

Fasilitas yang bisa didapat oleh jemaah haji plus juga berbeda dengan haji reguler. Dimana haji plus akan mendapatkan fasilitas hotel bintang 5 dan tenda maktab VIP.

Lantas berapa biaya haji plus saat ini? Dikutip dari website travelalhijaztour.com, biaya haji plus berkisar mulai dari 9.000 USD atau sekitar Rp 126 juta. Memang lebih mahal dari haji reguler, namun sebanding dengan fasilitas dan masa tunggu yang relatif lebih singkat.

Oleh karena itu, haji plus bisa dijadikan solusi untuk pergi berhaji tanpa masa tunggu puluhan tahun.

READ  5 Rukun yang Harus di Perhatikan Saat Ibadah Umroh

 

Leave a Reply