Alasan Minum Air Putih Sangat Penting Sebelum Nikmati Teh atau Kopi

Alasan Minum Air Putih Sangat Penting Sebelum Nikmati Teh atau Kopi

Karena alasan demi kesehatan Anda, sangat disarankan untuk mengawalinya dengan minum air putih dahulu sebelum meneguk teh atau kopi.

BicaraSantai.com – Penggemar minuman teh dan kopi semakin meningkat seiring kepopuleran keduanya sebagai minuman kekinian dan kesadaran masyarakat terhadap manfaatnya bagi kesehatan.

Teh dan kopi dikenal sebagai minuman yang berkhasiat untuk memberikan energi secara instan, mengusir rasa kantuk dan membuat seseorang bisa merasa lebih segar.

Tak heran banyak mengonsumsi teh atau kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas berangkat ke kantor dan bekerja.

Kandungan kopi dan teh memang bisa memberi manfaat positif bagi tubuh, asal mengonsumsinya di waktu yang tepat dan tidak berlebihan. Pagi hari adalah waktu paling favorit bagi orang-orang untuk minum teh maupun kopi, karena di waktu ini seseorang kerap membutuhkan sesuatu untuk menstimulasi tubuh.

Namun, demi kesehatan Anda, sangat disarankan untuk mengawalinya dengan minum air putih dahulu sebelum meneguk teh atau kopi.

Mengapa harus minum air putih dahulu?

Teh maupun kopi merupakan minuman yang dibuat dari bahan alami seperti daun teh dan biji kopi. Keduanya sama-sama mengandung senyawa yang dikenal sebagai kafein, dan kopi memiliki kandungan kafein lebih banyak daripada teh.

Dikutip dari boldsky.com, kafein adalah senyawa yang dapat meningkatkan energi, membuat Anda bisa lebih aktif dan tidak terlalu lesu. Namun jika konsumsi terlalu banyak atau berlebihan malah dapat berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk masalah kecemasan dan penyakit jantung.

Air putih meminimalisir efek negatif kafein.

Para ahli menyarankan untuk meminum segelas air putih sebelum mengonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi. Hal itu bertujuan untuk membantu mengencerkan kandungan kafein yang pekat dan meminimalkan efek berbahaya.

READ  BPOM Telah Terbitkan Izin Darurat Vaksin Corona AstraZeneca

Air putih menjaga aktivitas asam lambung

Di samping itu, kopi memiliki tingkat pH 5 dan teh tingkat pH 6, yang menunjukkan keduanya sama-sama memiliki kadar asam yang tinggi. Ketika Anda mengonsumsi minuman dengan tingkat pH tinggi, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, seperti asam lambung naik, kanker usus, masalah pada dinding perut, dan sebagainya.

Saat Anda minum segelas air putih sebelum teh atau kopi, ini dapat membantu meminimalkan aktivitas asam yang terjadi di perut Anda, sehingga Anda tetap aman.

Lebih dari itu, alasan minum air putih juga dapat mengurangi rasa pahit di lidah, mencegah terjadinya caffein crash atau rasa lemas setelah minum kopi.

Konsumsi teh dan kopi secukupnya saja

Aktivitas minum teh dan kopi tidak hanya favorit di pagi hari, tapi juga siang hari sewaktu kerja maupun malam ketika harus ekstra bekerja. Meskipun banyak manfaat yang didapatkan, Anda juga harus ingat bila konsumsi berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Jika Anda memiliki kebiasaan minum teh atau kopi, imbangi dengan menjaga asupan mineral dalam tubuh untuk menghindari dampak buruk kekurangan mineral. Keseimbangan mineral dalam tubuh menjadi elemen penting supaya organ tubuh dapat bekerja secara optimal.

 

Leave a Reply